Sabtu, 24 April 2010

Puluhan Kapal Perang Berparade di Manado
Sebanyak 25 kapal perang dari 14 negara mengikuti Parade Kapal Perang Internasional atau International Fleet Review (IFR), Rabu (19/8). IFR merupakan acara tahunan Angkatan Laut (AL) sedunia. Tahun ini, Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah, bertempat di Manado, Sulawesi Utara.

Dalam IFR, kapal-kapal perang peserta akan berparade dari Bitung hingga Teluk Manado. Puluhan kapal ini berasal dari Amerika Serikat (AS), Thailand, Inggris, Malaysia, Filipina, dan Singapura. Ada pula kapal dari Australia, India, Jepang, China, Korea, Pakistan, Prancis, dan Selandia Baru.

Selain kapal perang, parade juga diikuti sebuah kapal tiang tinggi milik Malayshit!!!!!!(ngap sih malay ikut2an??? dan 42 kapal layar. Menurut juru bicara TNI AL, Iskandar Sitompul, acara ini melibatkan lebih dari 8.000 anggota AL negara sahabat. Tak hanya 14 negara yang hadir dengan kapal perang, ada 15 negara lain yang juga turut mengirimkan utusannya.

Nah, Indonesia tentu tak ketinggalan memeriahkan IFR. Ada enam kapal perang TNI AL yang dikerahkan, yakni KRI Ahmad Yani, KRI Slamet Riyadi, KRI Yos Sudarso, KRI Sultan Hasanuddin, KRI Sultan Iskandar Muda, dan KRI Fatahillah. Dua kapal tiang tinggi, KRI Dewaruci dan KRI Arung Samudera juga ikut serta.

Ajang ini dimeriahkan dengan sejumlah kegiatan, seperti olahraga bersama, atraksi budaya, dan kirab keliling kota oleh para anggota AL peserta IFR. Atraksi udara dari enam pesawat tempur TNI Angkatan Udara dan empat pesawat tempur AS juga ikut menghiasi langit Manado. Melalui kegiatan ini, diharapkan TNI AL dapat meningkatkan kerja sama dengan anggota AL negara lain.

oia gan, ada juga kapal induk USS George Washington lhooo


nih gan kapal2 indo yg ikut"


KRI AHMAD YANI


KRI SLAMET RIYADI


KRI YOS SUDARSO


KRI SULTAN HASSANUDIN


KRI DEWARUCI


KRI ARUNG SAMUDERA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar